Pengertian Daging dan Ciri-ciri Daging Segar

15.44




Daging adalah otot hewan yang tersusun dari serat-serat yang sangat kecil, masing-masing berupa sel yang disatukan oleh jaringan ikat, membentuk berkas ikatan yang pada kebanyakan daging jelas kelihatan lemak pembuluh darah dan urat syaraf. Bila potongan daging diamati secara teliti maka tampak dengan jelas bahwa daging terdiri atas tenunan yang terdiri atas air, protein, tenunan lemak dan potongan tulang.



Daging bisa kita kelompokan beberapa jenis seperti:

1. Daging Sapi.

2. Daging Ayam.

3. Daging Kerbau.

4. Daging Kambing/Domba.

5. Daging Unta, Dan lain-lain


      yang sering kita jumpai yaitu daging sapi. Daging sapi merupakan daging yang diperoleh dari otot-otot sapi yang biasa dan umum digunakan untuk keperluan konsumsi makanan. penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung dari cara pengolahannya. Sebagai contoh has luar, daging iga dan sangat umum digunakan di Eropa dan di Amerika Serikat sebagai bahan pembuatan steak sehingga bagian sapi ini sangat banyak diperdagangkan. Akan tetapi seperti di Indonesia  dan di berbagai negara Asia lainnya daging ini banyak digunakan untuk makanan berbumbu dan bersantan seperti rendang, gule sapi dan lain-lain.


Kandungan Daging Sapi dan Manfaatnya bagi kesehatan :


1. Zat besi
Zat besi adalah salah satu kebutuhan penting bagi tubuh kita. Kita bisa mendapatkan zat besi dari daging sapi karena daging sapi mengandung zat besi yang sangat tinggi. Kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia sehingga tubuh menjadi lesu.
Zat besi pada daging sapi bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, mempengaruhi semangat belajar anak dan juga sebagai benteng bagi tubuh kita karena zat besi bisa meningkatkan kekebalan tubuh.


2. Protein
Daging sapi juga mengandung kandungan gizi yang tidak kalah pentingnya dari zat besi, yaitu proetin. Protein sangat penting karena bisa membantu perkembangan otak pada anak. Selain itu protein juga bisa membantu tubuh Anda untuk membentuk jaringan baru pada otot-otot Anda.


3. Selenium
Kandungan gizi lainnnya pada daging sapi adalah selenium. Selenium sangat dibutuhkan untuk membentuk zat antioksidan dan meningkatkan imunitas anak.


4. Seng atau Zinc

Zat seng juga terdapat pada daging sapi. Zat ini memiliki fungsi untuk meningkatkan metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh. Kekurangan zat seng bisa menyebabkan gangguan pada pengembangan fungsi reproduksi laki-laki dan pembentukan sperma serta mengganggu fungsi kekebalan tubuh.


5. Vitamin B Kompleks

Konsentrasi dan daya ingat bisa menjadi masalah tersendiri bagi kita. Vitamin B kompleks pada daging sapi membantu kerja sistem saraf otak sehingga mampu membantu menjaga konsentrasi dan meningkatkan daya ingat.


6. Omega 3
Kandungan gizi daging sapi yang terakhir adalah omega 3. Omega 3 membantu fungsi jantung, sistem saraf pusat dan hati. Dalam 150 gram daging sapi, terkandung sekitar 30 gram asam lemak Omega 3


Selain itu banyaknya bagian-bagian daging sapi juga bisa membuat kita bingung dan kurang teliti ketika membeli daging dan malah menyebabkan makanan yang kita konsumsi menjadi tidak sehat bisa jadi daging yang kita beli dipasar atau swalayan-swalayan tersebut sudah lama atau sudah tidak segar lagi.

Berikut ini tips memilih daging sapi segar yang bermutu dan berkualitas.

1. Warna Daging


Daging yang segar dan berkualitas tentu berbeda dengan daging yang sudah lama. Cara paling mudah untuk mengetahui kualitas daging adalah dari warnanya.
-          Daging sapi yang masih fresh berwarna merah dan segar. Selain itu warna daging juga tidak pucat dan tidak kotor.
-          Bilas dangan air, jika warna daging nya luntur anda sebagai konsumen harus curiga pada daging yang akan dibeli, pedagang seringkali menambahkan zat pewarna pada dangin Agar Nampak terlihat segar.  
-          Perhatikan tempat pasar yang akan kita beli terlihat sekilas daging yang kita beli terlihat merah dan segar padahal warna tersebut pantulan cahaya matahari ke atap terpal pasar, kita sebagai konsumen jangan terkecoh.

2. Tekstur Daging/kekompakan


Daging sapi yang segar memiliki tekstur yang terasa kenyal. Tekanlah sedikit daging tersebut dengan jari telunjuk, jika kembali ke posisi semula berarti daging tersebut masih baru dan segar.
Hal ini berbeda dari daging yang busuk dimana daging tersebut akan terasa lembek dan tidak kembali ke posisi semua ketika ditekan.

3.  Bau / Aroma


Daging yang segar memiliki aroma yang segar pula atau dengan kata lain memiliki bau amis khas sapi. Sementara itu daging yang busuk akan menimbulkan bau busuk atau asam ketika dicium.

Dari ke tiga ciri daging segar tersebut kita sebagai konsumen harus lebih bisa memilih daging yang bermutu dan berkualitas untuk dikonsumsi keluarga dirumah.


Selesai...

Terimakasih telah mengunjungi "Pengertian Daging dan Ciri-ciri Daging Segar" semoga Artikel ini bisa bermanfaat bagi Agan-agan yang belum mengetahui.

Semoga hariMu menyenangkan =))








You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook